RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 5 Yogyakarta |
Mata pelajaran | : | Sejarah |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Standar Kompetensi | : | Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa. |
Kompetensi Dasar | : | Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya. |
Indikator | : | · Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke · Mendiskripsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia · Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia · Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilyah Indonesia · Menjelaskan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia |
Alokasi Waktu | : | 16 x 40 ( 8 pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke
2. Menjelaskan alasan agama Islam mudah diterima dan cepat berkembang di
3. Menjelaskan peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga / ulama lainnya dainnya dalam menyebarkan Islam (pesantren, seni budaya, berdakwah)
5. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (
6. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Samudra Pasai, Demak, Aceh, , Pajang, dan Mataram
7. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Banten,
8. Memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Berbagai daerah (makam, masjid, keraton, kitab sastra dan kaligrafi)
B. Materi Pembelajaran
1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
2. Alasan Islam mudah diterima dan perkembangannya di
3. Peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah
5. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah
6. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, dan Mataram
7. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Banten,
8. Contoh penginggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai wilayah
C. Metode
1. CTL
2. Diskusi
3. Paikem
4. Observasi
5. Tanya jawab
6. Ceramah
Pertemuan III
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
1. | Kegiatan pendahuluan Apersepsi : siswa dingatkan kembali tentang pelajaran minggu lalu lewat dialog bagaimana Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia Motivasi : ditampilkan gambar-gambar Wali Sanga dan ajak siswa untuk mengenal satu persatu tokoh Wali Sanga | 5 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang peranan Wali Sanga dalam menyebarkan ajaran agama Islam b. Siswa dibagi dalam kelompok, masing-masing membahas tokoh Wali Sanga dalam menyebarkan agama Islam c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memberikan tanggapan | 60 menit |
3. | Penutup a. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang sudah di diskusikan. b. Memberikan tugas rumah untuk membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia | 15 menit |
Pertemuan IV:
Alokasi waktu : 2x 40 menit
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
1. | Kegiatan pendahuluan Apersepsi : berdialog tentang daerah-daerah di Indonesia yang penduduknya banyak menganut Islam dikaitkan dengan tugas rumah membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia Motivasi : guru memberikan pertanyaan tentang nama-nama kerajaan Islam di Indonesia sehingga siswa tertarik untuk mengetahui lebih banyak | 5 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kronologi perkembangan kerajaan Islam di Indonesia b. Guru membagi kelompok-kelompok dalam tugas membahas perkembangan kerajaan Islam : Samudera Pasai, Aceh, Demak. Pajang, dan Mataram. c. Setiap kelompok satu kerajaan kemudian mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan | 60 menit |
3. | Penutup
| 15 menit |
7. Tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar