Kamis, 04 Maret 2010

RPP smp kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

:

SMP Negeri 5 Yogyakarta

Mata pelajaran

:

Sejarah

Kelas/Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

Kompetensi Dasar

:

Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.

Indikator

:

· Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia

· Mendiskripsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia

· Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

· Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilyah Indonesia

· Menjelaskan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia

Alokasi Waktu

:

16 x 40 ( 8 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia dari tanah Arab berkembang ke Persia dan India (Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia

2. Menjelaskan alasan agama Islam mudah diterima dan cepat berkembang di Indonesia

3. Menjelaskan peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa

4. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga / ulama lainnya dainnya dalam menyebarkan Islam (pesantren, seni budaya, berdakwah)

5. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (India, Selat Malaka, Laut Jawa)

6. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Samudra Pasai, Demak, Aceh, , Pajang, dan Mataram

7. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Banten, Cirebon, Makasar, Banjar, Ternate, dan Tidore

8. Memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Berbagai daerah (makam, masjid, keraton, kitab sastra dan kaligrafi)

B. Materi Pembelajaran

1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia

2. Alasan Islam mudah diterima dan perkembangannya di Indonesia

3. Peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa

4. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah Indonesia

5. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia

6. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, dan Mataram

7. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Banten, Cirebon, Makasar,Banjar, Ternate, dan Tidore

8. Contoh penginggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai wilayah Indonesia

C. Metode

1. CTL

2. Diskusi

3. Paikem

4. Observasi

5. Tanya jawab

6. Ceramah

Pertemuan III

Alokasi waktu : 2 x 40 menit

NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN

WAKTU

1.

Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : siswa dingatkan kembali tentang pelajaran minggu lalu lewat dialog bagaimana Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia

Motivasi : ditampilkan gambar-gambar Wali Sanga dan ajak

siswa untuk mengenal satu persatu tokoh Wali Sanga

5 menit

2.

Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang peranan Wali Sanga dalam menyebarkan ajaran agama Islam

b. Siswa dibagi dalam kelompok, masing-masing membahas tokoh Wali Sanga dalam menyebarkan agama Islam

c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memberikan tanggapan

60 menit

3.

Penutup

a. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang sudah di diskusikan.

b. Memberikan tugas rumah untuk membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

15 menit

Pertemuan IV:

Alokasi waktu : 2x 40 menit

NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN

WAKTU

1.

Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : berdialog tentang daerah-daerah di Indonesia yang penduduknya banyak menganut Islam dikaitkan dengan tugas rumah membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

Motivasi : guru memberikan pertanyaan tentang nama-nama kerajaan Islam di Indonesia sehingga siswa tertarik untuk mengetahui lebih banyak

5 menit

2.

Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kronologi perkembangan kerajaan Islam di Indonesia

b. Guru membagi kelompok-kelompok dalam tugas membahas perkembangan kerajaan Islam : Samudera Pasai, Aceh, Demak. Pajang, dan Mataram.

c. Setiap kelompok satu kerajaan kemudian mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan

60 menit

3.

Penutup

  1. Guru dan siswa bersama- sama membuat kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
  2. Siswa diminta untuk mempelajari beberapa kerajaan islam lainnya di Indonesia yang belum dibahas

15 menit

7. Tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar