Kamis, 04 Maret 2010

RPP smp kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

:

SMP Negeri 5 Yogyakarta

Mata pelajaran

:

Sejarah

Kelas/Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

Kompetensi Dasar

:

Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.

Indikator

:

· Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia

· Mendiskripsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia

· Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

· Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilyah Indonesia

· Menjelaskan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia

Alokasi Waktu

:

16 x 40 ( 8 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia dari tanah Arab berkembang ke Persia dan India (Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia

2. Menjelaskan alasan agama Islam mudah diterima dan cepat berkembang di Indonesia

3. Menjelaskan peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa

4. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga / ulama lainnya dainnya dalam menyebarkan Islam (pesantren, seni budaya, berdakwah)

5. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (India, Selat Malaka, Laut Jawa)

6. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Samudra Pasai, Demak, Aceh, , Pajang, dan Mataram

7. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Banten, Cirebon, Makasar, Banjar, Ternate, dan Tidore

8. Memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Berbagai daerah (makam, masjid, keraton, kitab sastra dan kaligrafi)

B. Materi Pembelajaran

1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia

2. Alasan Islam mudah diterima dan perkembangannya di Indonesia

3. Peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa

4. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah Indonesia

5. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia

6. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, dan Mataram

7. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Banten, Cirebon, Makasar,Banjar, Ternate, dan Tidore

8. Contoh penginggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai wilayah Indonesia

C. Metode

1. CTL

2. Diskusi

3. Paikem

4. Observasi

5. Tanya jawab

6. Ceramah

7. Tugas

D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan I

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN

WAKTU

1.

Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : Siswa diingatkan kembali pelajaran tentang persebaran

Hindu-Budha di Indonesia.

Motivasi :Ditampilkan gambar Ka’bah, masjid, maupun Al-Qur’an

5 menit

2.

Kegiatan Inti

a. Guru menjelaskan sejarah lahirnya agama Islam

b. Siswa dibagi dalam kelompok, kemudian setiap kelompok diberi tugas mengerjkan LKS dengan materi masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia

c. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi.

60 menit

3.

Penutup

a. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas

b. Siswa diberi tugas rumah

15 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar