RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 5 Yogyakarta |
Mata pelajaran | : | Sejarah |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Standar Kompetensi | : | Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa. |
Kompetensi Dasar | : | Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya. |
Indikator | : | · Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke · Mendiskripsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia · Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia · Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilyah Indonesia · Menjelaskan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia |
Alokasi Waktu | : | 16 x 40 ( 8 pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke
2. Menjelaskan alasan agama Islam mudah diterima dan cepat berkembang di
3. Menjelaskan peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga / ulama lainnya dainnya dalam menyebarkan Islam (pesantren, seni budaya, berdakwah)
5. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (
6. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Samudra Pasai, Demak, Aceh, , Pajang, dan Mataram
7. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Banten,
8. Memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Berbagai daerah (makam, masjid, keraton, kitab sastra dan kaligrafi)
B. Materi Pembelajaran
1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
2. Alasan Islam mudah diterima dan perkembangannya di
3. Peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah
5. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah
6. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, dan Mataram
7. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Banten,
8. Contoh penginggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai wilayah
C. Metode
1. CTL
2. Diskusi
3. Paikem
4. Observasi
5. Tanya jawab
6. Ceramah
7. Tugas
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
1. | Kegiatan pendahuluan Apersepsi : Siswa diingatkan kembali pelajaran tentang persebaran Hindu-Budha di Indonesia. Motivasi :Ditampilkan gambar Ka’bah, masjid, maupun Al-Qur’an | 5 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan sejarah lahirnya agama Islam b. Siswa dibagi dalam kelompok, kemudian setiap kelompok diberi tugas mengerjkan LKS dengan materi masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia c. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi. | 60 menit |
3. | Penutup a. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas b. Siswa diberi tugas rumah | 15 menit |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar