SILABUS
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Sejarah
Program :
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Standar Kopetensi : Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1.1. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di | Pengertian dan kurun waktu pra-aksara Pembagian zaman pra-aksara | Membaca referansi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara Membaca referensi dan berdiskusi untuk menelaah pembagian zaman pra-aksara | Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara Menjelaskan pembagian zaman pra-aksara | Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas di rumah | Jelaskan pengertian masa pra-aksara Jelaskan pembagian zaman pra-aksara berdasarkan geologi, dan berikan contohbinatang yang hidup pada setiap zaman | 12 P | Sukadi, Sejarah SLTP Kelas I, Penerbit Ganeca Exacta: Bandung - Drs. Anwar Kurnia dan Drs. Mohamad Suryana, Sejarah SLTP Kelas 1, Yudhistira: Jakarta - Drs. Suparman, dkk., IPS Sejarah 1A, Penerbit Tiga Serangkai: Solo |
| Jenis-jenis manusia | Dengan Atlas Sejarah dan foto-foto / gambar mengamati jenis-jenis manusia yang hidup pada masa Pra-aksara | Mengidentifikasi jenis-jenis manusia yang hidup pada masa pra-aksara | Penugasan | Tugas rumah | Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompok sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading secara berkelompok | | Foto / gambar-gambar manusia purba Internet |
| | Situs Sejarah |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
| Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara | Membaca buku referensi dan mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang dipergunakan | Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan | Tes tulis | Tes Uraian | Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu! | | Foto/gambar benda-benda peninggalan kebudayaan |
| Kedatangan nenek moyang dan Yunan tersebar di Nusantara | Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang | Melacak kedtangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Indonesia dengan atlas sejarah | Penugasan | Tugas rumah | Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara! | | Atlas Sejarah |
Standar Kopetensi : Memahami perkembangan masyarakat sejakmasa Hindu Budha sampai masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu Buddha serta peninggalan-peninggalannya | Peranan Perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia | Membaca referensi dan mengamati atlas sejarah tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu Buddha di Indonesia | Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia | Tes tulis | Tes Uraian | Jelaskan proses masuknya agama Hindu dan Buddha ke | 13 P | - Drs. Anwar Kurnia dan Drs. Mohamad Suryana, Kronik Sejarah, Untuk Kelas 1 SMP, Yudhistira: Jakarta - Atlas Sejarah - Internet |
| Peta daerah yang dipengaruhi unsur Hindu dan Buddha | Mengamati peta daerah yang dipengaruhi unsur Hindu dan Buddha | Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu-Buddha di Indonesia | Penugasan | Tugas rumah | Kumpulkan gambar peninggalan kerajaan Hindu Buddha dan kelompokkan sesuai corak keagamaannya ! | | Foto dan gambar |
| Peninggalan-peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha | Mengamati gambar untuk mengenal peningglan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia | Mengidentifikasi dan memberi cotoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah | Penugasan | Tugas rumah | Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha dan kelompokkan masing-masing sesuai corak agamanya | | Benda-benda reflika |
Yogyakarta, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar