RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 5 Yogyakarta |
Mata pelajaran | : | Sejarah |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Standar Kompetensi | : | Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa. |
Kompetensi Dasar | : | Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya. |
Indikator | : | · Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke · Mendiskripsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia · Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia · Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilyah Indonesia · Menjelaskan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia |
Alokasi Waktu | : | 16 x 40 ( 8 pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke
2. Menjelaskan alasan agama Islam mudah diterima dan cepat berkembang di
3. Menjelaskan peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga / ulama lainnya dainnya dalam menyebarkan Islam (pesantren, seni budaya, berdakwah)
5. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (
6. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Samudra Pasai, Demak, Aceh, , Pajang, dan Mataram
7. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di Banten,
8. Memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Berbagai daerah (makam, masjid, keraton, kitab sastra dan kaligrafi)
B. Materi Pembelajaran
1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
2. Alasan Islam mudah diterima dan perkembangannya di
3. Peranan Wali Sanga dalam menyebarkan Islam di Jawa
4. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah
5. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah
6. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, dan Mataram
7. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di wilayah Banten,
8. Contoh penginggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai wilayah
C. Metode
1. CTL
2. Diskusi
3. Paikem
4. Observasi
5. Tanya jawab
6. Ceramah
Pertemuan V
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
1. | Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : berdialog tentang kerajaan-kerajaan yang sudah didiskusikan minggu lalu Motivasi : Siswa diberi kuis tentang materi yang sudah dipelajari | 5 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa diminta menyebutkan kerajaan Islam yang belum didiskusikan minggu lalu b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membahas perkembangan kerajaan Islam : Banten, Cirebon, Makasar, Banjar, Ternate, dan Tidore. Setiap kelompok satu kerajaan kemudian mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan | 60 menit |
3. | Kegiatan Penutup a. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari | 15 menit |
Pertemuan VI
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
1. | Pendahuluan Apersepsi : Siswa diberi pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya Motivasi : ditampilkan gambar-gambar peninggalan kerajaan- kerajaan Islam di Indonesia | 5 menit |
1. | Kegiatan Inti a. Siswa diberi tugas membaca dan mengamati gambar-gambar peninggalan sejarah Islam b. Siswa diberi tugas mengerjakan LKS c. Siswa bersama-sama membahas LKS dan guru memberikan penguatan | 60 menit |
2. | Kegiatan Penutup a. Guru memberikan tes berkaitan dengan materi b. Tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya | 5 menit |
E. Sumber Belajar
1. Enjang Odih, B.A. dan Drs. Sukadi, 2008, Sejarah SLTP Kelas I, Penerbit Ganeca Exacta: Bandung
2. Drs. Anwar Kurnia dan Drs. Mohamad Suryana,2008, Sejarah SLTP Kelas 1, Yudhistira: Jakarta
3. Drs. Suparman, dkk., 2008, IPS Sejarah 1A, Penerbit Tiga Serangkai: Solo
4. Drs. Matroji, 2008, IPS Sejarah untuk kelas 1, Penerbit Erlangga: Jakarta
5. Internet
6. Atlas sejarah
7. Situs sejarah di sekitar tempat tinggal
F. Penilaian
1. Tes tulis (terlampir)
2. Penugasan (terlampir)
3. Observasi (terlampir)
7. Tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar